Flag Counter
 photo LeelouBlogsfreeiconsTwitter_zps45bcb52c.png

Pengikut

Minggu, 16 Februari 2014

BENCANA ALAM DI INDONESIA

ERUPSI SINABUNG














Awan abu vulkanik menutupi langit ketika Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, meletus lagi pada Selasa, 17 September 2013 pukul 12.03. Gunung meletus pada Minggu dan mengharuskan ribuan warga yang tinggal di kaki gunung segera mengungsi. Status gunung masih Siaga III.


Erupsi Sinabung bisa dikatakan salah satu bencana vulkanologi yang parah tahun ini. Salah satu letusan dahsyat Sinabung terjadi pada 25 November 2013. Dalam waktu 2 jam saja, Sinabung bererupsi tiga kali dengan ketinggian embusan asap mencapai 2 kilometer. Sementara, hujan abu terjadi hingga radius 7 km.

Aktivitas Sinabung tahun ini mendapat perhatian dari dunia, diberitakan oleh beragam media internasional. Sinabung dikatakan "bangun" setelah tidur ratusan tahun.

Status Sinabung terus disesuaikan sejak letusan pada September 2013. Pada 15 September, letusan Sinabung dinaikkan dari Waspada ke Siaga. Sempat diturunkan kembali menjadi Waspada pada 29 September, pada akhir November status Sinabung dinyatakan Awas. Akibat erupsi Sinabung, 14.000 orang terpaksa dievakuasi



Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) menyalurkan bantuan Rp500 juta berbentuk  uang tunai dan sembako kepada pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung, Sumatra Utara. 
www.allyoucanshare.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar